Personal Branding : Cara Baru Agar Cepat Sukses Bisnis Online 5/5 (2)

37 Likes Comment

JAGOANBRANDING.COM – Sama seperti bisnis pada umumnya, ada banyak cara agar kita bisa sukses dalam menjalankan sebuah bisnis online, personal branding adalah salah satu cara yang bisa anda coba dalam menjalankan bisnis online yang anda kelola pada saat ini.

Apa itu Personal Branding?

Anda pasti pernah melihat atau mendengar seorang motivator berbicara didepan audience dengan suara yang lantang dan semangat yang menggebu-gebu, namun pernahkah Anda berfikir mengapa mereka melakukan hal tersebut?

Personal Branding adalah cara memasarkan diri atau imej secara individu, alih-alih memasarkan produk atau jasa, Anda malah memasarkan diri Anda sendiri. Para motivator atau trainer yang berbicara lantang dan menggebu-gebu didepan para audiencenya adalah bagian dari personal branding DAN PROSESNYA bukanhanya sebentar tapi untuk bertahuntahun karena hal ini adalah bagian dari memperkenalkan diri sendiri ke banyak orang.

Para motivator dan trainer tersebut berbicara demikian didepan orang-orang yang mendengarkannya bertujuan untuk meyakinkan para audience bahwa mereka memiliki pengetahuan yang solid, semangat yang tinggi dan penuh percaya diri.

Tiga hal yang kami tuliskan diatas adalah bagian dari personal branding yang coba dibangun oleh para motivator dan trainer tersebut, dan Anda juga bisa menggunakannya dalam personal branding di dunia bisnis online.

Apakah Personal Branding itu Penting ?

Personal branding adalah konsep yang lebih menekankan pada kharisma diri, jika Anda

sudah memiliki kharisma maka produk apapun yang anda tawarkan akan lebih mudah diterima oleh orang lain, termasuk calon pelanggan Anda.

Dalam membangun personal branding di dunia bisnis online, ada beberapa hal yang harus anda miliki, salah satu yang terpenting adalah kepercayaan.

Di dalam bisnis online dimana penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung, seringkali terjadi krisis kepercayaan yang membuat transaksi anda batal, atau malah tidak ada yang mau bertransaksi dengan Anda.

Kepercayaan adalah salah satu kunci dari personal branding, jika orang lain sudah percaya dan mau mendengarkan apa yang Anda ingin katakan, disaat itulah Anda bisa mulai menawarkan produk atau jasa yang Anda miliki.

Hal lain yang harus anda miliki dalam membangun personal branding adalah exposure, exposure adalah penilaian tentang seberapa dikenal Anda dan seberapa banyak audience Anda, istilah ini sering digunakan oleh para Influecer atau Selebram untuk mematok harga pada saat ada brand yang ingin menawarkan endorsment.

Jadi disaat ada yang bertanya apakah personal branding itu penting ?

Personal branding itu penting, bahkan sangat penting pada era bisnis online seperti pada saat ini. Bagi orang akan lebih mudah menilai anda yang sudah sering menawarkan atau memasarkan produk dibandingkan menilai kualitas dari produk yang baru saja diluncurkan.

Dengan kuatnya personal branding yang Anda miliki, orang-orang akan langsung percaya bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan adalah sesuatu yang berkulitas dan layak untuk dibeli. Mereka mungkin akan langsung membeli produk Anda tanpa mencari tau terlebih dahulu apa kelebihan dan kekurangannya.

3 Cara Membangun Personal Branding Agar Bisnis Online Cepat Sukses

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun personal branding di Internet, diantara cara-cara tersebut ada yang mudah ada juga yang cukup sulit untuk segera anda lakukan.

Ada juga cara yang cukup efektif, kurang efektif, dan sangat efektif untuk Anda terapkan sesuai dengan tujuan yang ingin Anda capai. Berikut ini 3 cara membangun personal branding agar bisnis online anda cepat dikenal dan segera sukses.

1. Gunakan Nama yang Sama Lintas Platform

personal branding

Ketika Anda mencoba untuk membangun personal branding di internet, pastikan untuk selalu menggunakan nama dan username yang sama, anda tidak harus menggunakan nama asli, namun konsistenlah untuk menggunakan satu nama.

Penggunaan nama yang sama ini bertujuan agar orang-orang mudah menemukan Anda di internet, khususnya di media sosial. Anda mungkin bisa tetap menyematkan link media sosial pada profil Anda, namun menggunakan nama yan

g sama jauh lebih efektif.

Selain itu penggunaan nama dan username yang sama juga berguna agar orang lain atau pihak-pihak tertentu tidak bisa atau sulit untuk membuat fake account atau akun palsu dari diri Anda dengan tujuan apapun termasuk sengaja ingin merugikan atau menjatuhkan brand Anda.

2. Aktif di Group dan Komunitas yang Sesuai

Cara kedua untuk membangun personal branding adalah dengan aktif bertanya dan menjawab

di group atau komunitas yang merupakan target pasar Anda.

Dengan aktif bertanya dan menjawab maka Anda secara tidak langsung akan jadi lebih mencolok dan dikenali oleh lebih banyak orang, mereka adalah orang-orang yang akan jadi calon pembeli potensial dari produk atau jasa Anda.

Jangan pernah sungkan bila diajak berdiskusi atau menawarkan diri untuk berkomunikasi secara personal lewat DM, namun ingat selalu untuk tidak melakukan komunikasi berlebihan dengan mereka yang tidak memiliki ketertarikan dengan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan.

3. Minta Testimoni dari orang yang Anda Kenal

Jika Anda sudah cukup kenal dan akrab dengan seseorang di media sosial, jangan segan untuk meminta mereka menuliskan testimoni tentang diri Anda. Mintalah mereka untuk memberikan testimoni di postingan Anda secara publik.

Sedikit atau banyak, testimoni yang diberikan oleh orang lain akan membuat calon pelanggan Anda semakin yakin untuk mencoba menjalin kerjasama dengan Anda.

Namun jangan pernah meminta testimoni yang sifatnya palsu atau memaksa, mintalah orang lain memberikan testimoni secara jujur tentang diri Anda, testimoni yang terlalu positif cenderung diragukan kebenarannya oleh orang yang baru Anda kenal.

Demikianlah pengertian, manfaat dan cara membangun personal branding yang akan mendukung Anda dalam mencapai kesuksesan dalam berbisnis secara online.

Selain membangun branding secara personal, jangan lupa juga untuk tetap membangun branding dari produk atau jasa yang akan Anda tawarkan, perpaduan antara personal branding dan product branding Anda membuat bisnis online Anda cepat sukses.

You might like