Sekelumit Kisah Bisnis Syari’ah Owner Syamil Group 5/5 (5)

owner syamil group

Banyak Saat Ini Orang Ingin Berbisnis Namun Hanya Ingin Mengambil Hasilnya Dan Tanpa Ingin Tau Darimana Dia Mendapatkanya Secara Halal Atau Haram Sudah Benarkah Dia Mendapat Keuntungan Sesuai Syariat Islam Berikut Adalah Kutipan Dari Akun Facebook Milik Owner Syamil Group Yang Membahas Tentang Pengalaman Bisnisnya Yang Sangat Patut Untuk Di Baca Dan Sayang Untuk Di Lewatkan :

Bismillahirrahmanirrahim..

“Kang Riza, saya mau bisnis saya beres, punya sistem, bisa saya tinggal-tinggal tapi tetap aman terkendali.
Pak Riza, saya ingin sales naik 3 kali lipat.”

Dan lain-lain..

Berbisnis Belasan Tahun Dengan Ilmu Namun Ternyata Baru Kulit Luar nya

Kami dulu belasan tahun lalu, berbisnis bukannya tanpa ilmu. Sangat serius saya memimpin. Punya jajaran BOD, manajer dan seterusnya. Pun punya laporan keuangan yang dibuat oleh manajer dan tim, lulusan universitas jurusan akuntasi.
Kami juga menyusun program penjualan, alur SOP manajemen dan produksi, dll.

Tapi ternyata, ada pemahaman fundamental yang kami tidak mengerti. Bahkan sampai faktanya, kami menyadari bahwa penguasaan kami baru di kulit luar. Saya memimpin dengan kemampuan kepemimpinan level kulit luar. Tim saya pun demikian. Alhasil, sistem bisnis kami pun kualitas kulit luar saja.
Hasilnya pun, keren kulit luar saja 😅😁

Saya ingat sekali, saat ada trainer skala nasional datang berkunjung ke pabrik kami tahun 2006, dia berkeliling sambil memuji kami habis-habisan.

“Kang Riza, ini sih sudah tinggal take off. Keren banget…bla bla bla.”
Mulut saya tersenyum saat itu, pun mengaminkan. Namun hati saya meringis, menangis, dan suara kecil berteriak: nggak tahu dia, kite lagi susah, lagi bingung, lagi stress…dkk sebab bisnis segede ini namun nggak punya uang cash, kerjanya gali lubang tutup lubang…

– – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – – –

Proses bertaubat dan bangkit dari kehancuran

Proses bertaubat dan bangkit dari kehancuran, memulai dengan menata ulang seluruh aspek fundamental dalam menyusun bangunan bisnis sesuai kaidah semestinya dengan pengertian yang benar dan kuatlah, dengan izinNya akhirnya kami selamat, bahkan kemudian melejit sangat luarbiasa.

Saya sering sekali bertemu dengan temans pengusaha yang curhat:

– Kang, kenapa yaa, saya kok makin besar bisnis tapi malah makin nggak jelas uang cash-nya kemana?

Baca Juga >>  Cara Membuat Google Bisnisku Terbaru Dan Mudah Untuk Pribadi Dan Usaha

– Kang, kenapa yaa, saya sudah bertahun-tahun bisnis, tetep nggak bisa tenang ninggalin kantor/pabrik walau hanya bilangan hari.

– Kang, abis ikut workshop ini dan itu, memang sales saya melonjak. Tapi, sekarang lemes lagi.. kayak nggak ada bekasnya hasil workshop tersebut.

– Kang, saya sudah bayar programmer itu tapi ERP yang dijanjikan tak kunjung beres. Ganti lagi, sama. Sudah berkali-kali ganti. Saya sudah mengerti kudu punya sistem ERP, tapi susah banget cari yang beneran sesuai harapan.

– Lebih parah lagi, datang dalam kondisi sudah dapat “surat cinta” dari kantor pajak, untuk diperiksa dugaan penggelapan pajak. Bahkan sampai dengan angka tagihan plus hitungan denda yang mengejutkan! 🙈😱

– Dll

owner syamil group

 

Ternyata kedalaman pemahaman dan pengalaman seseorang dalam penguasaan hal-hal yang fundamental, menjadi faktor yang amat sangat kuat pada beda hasilnya.

Kami bebenah saat itu, tim keuangan mengambil yang level lebih tinggi dari sebelumnya. Tetep, saat kemudian dipegang langsung oleh orang yang memang dalem penguasaan dan pengalamannya, di tahun-tahun tersebut (lebih dari 5 tahun yang lalu), laporan keuangan 3 tahun ke belakang dibongkar lagi, dan terjadi koreksi yang sangat jauh bedanya:

tadinya di tahun-tahun tersebut laporannya Laba, faktanya 3 tahun tersebut Rugi.

Bayangkan, 3 tahun tersebut saya menetapkan strategi dan kebijakan berbasis keadaan perusahaan yang Laba, padahal mestinya strategi dan kebijakan saya berdasarkan perusahaan yang sedang Rugi.
Beda banget!
Parah sekali dampaknya, meski ‘tidak sengaja salah’.

Karena itulah, bismillah, saya beranikan untuk menyusahkan diri sendiri dan organisasi, menyediakan para leader kami dan tim manajemen, mendampingi teman-teman pengusaha mengurai daleman bisnisnya.

Pendampingan Bisnis

Jadi, PENDAMPINGAN BISNIS BUKAN WORKSHOP.
BUKAN KELAS BISNIS.
BUKAN juga menjadi Konsultan.

SANGAT PERSONAL.
TAILORMADE,
setiap pengusaha akan punya POLA MASING-MASING.
Orang per orang.

Jikapun milih yang pendampingan dalam grup, jumlahnya kami sangat batasi.

Dan itu seolah, para business owner memiliki Board of Director (dari tim kami) yang berpengalaman dan ekspert di bidangnya masing-masing.

Dan SAYA, inSyaAllah menjadi PARTNER DISKUSI teman-teman, untuk dialog khusus secara personal merumuskan apapun, di lingkup strategis dan kepemimpinan saat pendampingan.
Bahkan nantinya tidak hanya saat pendampingan, sampai seterusnya menjadi sahabat.
Dunia akhirat InSyaaAllah..

Baca Juga >>  Cara Hemat Transfer Beda Bank Ke Seluruh Indonesia Gratis

“Tapiii bayaar ya Kang RIza..😅
Buat kami segitu mahal Kang..”

Iya lah. Seperti yang saya tulis di status sebelumnya. Jika paham, itu malahan amat sangat murah sekali banget. 😄

Bayar itu agar komitmen kuat. Serius memang menginginkan perubahan besar. Kami bantu sangat serius. Tim saya kerahkan yang terbaik. Mendampingi selama sekira 6 bulanan. Paling cepet 3 bulan. Bisa sampai 1 tahun. Kalau membayar konsultan atau menggaji ekspert yang pengalaman, berapa mesti keluar anggaran? Apalagi membayar dampak kesalahan/kerugian? Widiiiih… ngerii..

Alhamdulillah, janji yang kami berikan adalah: KPI capaian yang diharapkan teman-teman, tercapai! Garansi uang kembali! 😊😊

Pun, kami lakukan ini bukan buat nambah kekayaan kok. Saya jadi nggak takut dianggap jualan. Biar aja. Ini buat markaz Al Quran.
Syiar peradaban Al Quran.
100% untuk program ini.
Dengan senang hati saya mau jualan dan kerja keras, untuk hal-hal beginian.
InSyaaAllah.

Sudah banyak teman-teman yang saya dampingi sebagai teman diskusi (khususnya di Bandung) yang sangat serius berubah, termasuk grup emak-emak, mengalami dampak sales-nya melompat beratus-ratus persen. Tertawa bahagia sebab akhirnya merasakan memiliki uang cash yang riil.. dan masalah yang muncul menjadi “happy problem” sebab kewalahan menangani order. Itu efek. Dampak memantaskan diri!

Tentu ada juga yang belum berubah, yang saat ditanya bisa jadi ada sesuatu yang sedang berat mesti diselesaikan (mostly psikologis), atau memang masih memiliki 1001 alasan hebat untuk tidak melakukan proses ini dan itu, atau entah ada hal yang tersembunyikan sebagai sebab, yang saya tidak ketahui pastinya.

“Tapi Kang Riza, kami nggak perlu semua programnya. Gimana?”

Nggak masalah. Itu sebab kami sediakan isian untuk pilihan. Teman-teman bebas mau milih apapun sebenarnya mah. Komunikasikan saja dengan kami. Tentu saja, untuk hal-hal yang kami bisa bantukan.

Mimpi saya, kita bersama-sama tumbuh menjadi pengusaha multinasional. Besar dan kuat dalam arti sebenarnya. Jangan besar dan kuat ‘penampakannya’. Hingga banyak kebaikan yang lahir dari pengusaha-pengusaha berhati baik dan dermawan seperti teman-teman semua.
InSyaaAllah.

Regards,

Source FB : By Riza Zacharias ( Owner Syamil Group )

  • 20
    Shares

You May Also Like

Cart Item Removed. Undo
  • No products in the cart.