5 Pemanfaatan Tanah Wakaf dan Kemudahan Wakaf di Era Digital 5/5 (9)

43 Likes Comment
Pemanfaatan Tanah Wakaf Di ERA digital

WAKAF – Kali Ini Admin JB akan Membahas Tentang Penjelasanya Semoga Bisa Menambah Khazanah Pengetahuan Para Sahabat, Wakaf merupakan salah satu bentuk dari sedekah jariyah. Tentu anda sudah tahu bahwa sedekah jariyah ini adalah suatu amalan yang tidak akan terputus pahala yang akan anda dapatkan meskipun anda sudah meninggal dunia. Namun anda tahu nggak sih apa arti dari wakaf itu sendiri?

Pengertian Wakaf

WAKAF

Bagi sebagai orang mungkin belum tahu arti wakaf yang sebenarnya. Jika berdasarkan dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia arti wakaf adalah tanah negara yang tidak bisa diberikan atau diserahkan kepada siapapun dan tanah negara tersebut hanya untuk tujuan amal saja.

Sedangkan menurut kitab Minhah Al-‘allam wakaf memiliki pengertian menahan dari bentuk pokok dan menjadikannya sebagai wujud dari amal di jalan Allah dengan didasari niat yang ikhlas untuk tujuan mendekatkan diri kepada Allah.

Bagi umat islam sendiri wakaf menjadi amalan yang luar biasa besar karena pahala yang akan didapatkan oleh pewakaf bukan hanya ketika dirinya hidup di dunia melainkan ketika dirinya sudah meninggal.

Wakaf memang sudah seharusnya digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat karena jika tidak maka tidak akan mendatangkan pahala yang besar di sisi Allah. Itu artinya jika tanah wakaf digunakan untuk keperluan atau kepentingan maksiat maka tidak diperbolehkan. Misalnya saja digunakan untuk diskotik, karaoke, jual obat-obatan terlarang dan hal-hal buruk lainnya.

Di era sekarang wakaf sering digunakan untuk kemaslahatan orang banyak. Apa memang hanya untuk kegunaan itu saja tanah wakaf ini?

Pemanfaatan Tanah Wakaf untuk Kemaslahatan Umat

tanah wakaf untuk ummat

Mungkin diantara kita sering mendengar atau melihat bahwa wakaf biasanya dimanfaatkan untuk membangun masjid. Dengan membangun masjid semua orang pasti akan memanfaatkannya untuk kebaikan dan secara tidak langsung pahala mengalir ke dalam diri kita. Apakah hanya sebatas itu pemanfaatan wakaf ? Tentu tidak, berikut diantara pemanfaatanya yang sangat berguna bagi kepentingan orang banyak:

  1. Membangun Sekolah

wakaf sekolah

Salah satu bentuk pemanfaatan wakaf bisa digunakan untuk membangun sekolah. Mungkin di daerah masih banyak yang memiliki sekolah kurang layak dan nyaman. Bahkan belum ada sekolah yang terdekat dengan tempat tinggal.

Dengan adanya tanah wakaf ini bisa dimanfaatkan untuk pembangunan sekolah agar lebih dekat dan tidak lagi khawatir untuk memikirkan ongkos yang mahal. Banyak penyebab anak putus sekolah karena biaya yang mahal, jarak sekolahnya jauh, ketidakmampuan dalam biaya pendidikan.

Dengan adanya wakaf bisa digunakan untuk membangun sekolah gratis bagi orang yang belum mampu. Selain itu bisa juga dengan memberikan potongan biaya khusus bagi orang yang tidak mampu untuk bisa bersekolah di sekolahan yang dibangun dari tanah wakaf tersebut.

  1. Rumah Sakit

wakaf rumah sakit

Rumah sakit sangat diperlukan sekali untuk kemaslahatan orang banyak. Adanya fasilitas kesehatan memudahkan bagi yang sedang sakit untuk berobat ke dokter. Konsultasi kesehatan dan periksa rutin jadi mudah dilakukan siapa saja sehingga tercipta hidup yang semakin sehat.

Dengan badan yang sehat maka menjadikan seseorang menjadi lebih produktif lagi. Berpikir jadi lebih jernih dan kreatif. Dengan begitu bisa memaksimalkan potensi dalam diri untuk terus berkembang dan berkarya untuk hidup yang lebih sejahtera.

  1. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

wakaf pekerjaan

Selain untuk fasilitas-fasilitas umum ternyata wakaf juga sebaiknya bisa digunakan untuk hal lain misalnya adalah membuka lapangan pekerjaan. Tentu anda sudah tahu bahwa angka kemiskinan semakin meningkat diakibatkan minimnya lapangan pekerjaan dan pendidikan yang kurang memadai.

Dengan terciptanya lapangan pekerjaan akan mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan. Jadi mereka yang saat ini tidak memiliki pekerjaan bisa terbantukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dengan adanya lapangan pekerjaan ini.

Adanya lapangan pekerjaan ini membuat masyarakat bisa memperbaiki keadaan hidup. Masyarakat jadi bisa menyekolahkan anak-anaknya, memeriksakan kesehatan anak dan berbagai manfaat lain yang bisa dirasakan masyarakat dari adanya lapangan kerja.

Adanya lapangan kerja bisa sebagai sarana pemberdayakan masyarakat untuk lebih produktif lagi sehingga bisa mencukupi kebutuhan hidup yang selama ini menyulitkan kehidupan mereka.

  1. Membangun Bisnis dengan Keuntungannya untuk Umat

wakaf lapangan pekerjaan

Mungkin masih jarang yang memanfaatkan wakaf untuk mendirikan kantor untuk bisnis. Hal ini karena tingkat kesulitan yang dihadapi cukup tinggi. Mulai dari rencana pembangunan, bisnis yang akan dijalankan dan melatih SDM yang benar-benar membutuhkan kesejahteraan hidup.

Untuk itu dalam pembangunan perkantoran untuk bisnis ini membutuhkan tim-tim ahli yang mumpuni dan terbiasa dalam berbisnis. Harus sering mengadakan pelatihan khususnya bagi mereka yang belum memiliki skill yang dibutuhkan perusahaan. Namun apabila hal ini bisa sampai terwujud maka dampaknya sangat luar biasa.

Bisnis yang bisa dijalankan dan berkembang pesat bisa membuat masyarakat jadi lebih produktif dan sejahtera. Sebaiknya dalam pemanfaatan tanah wakaf untuk bisnis ini dalam memilih SDM harus tepat. Upayakan untuk memilih dari kalangan yang berada di menengah ke bawah terlebih dahulu.

Jika terpaksa harus mengambil yang sudah ahli yang tidak apa-apa hal tersebut dilakukan asalkan tidak lepas dari tujuan awal yaitu keuntungan yang didapat dari bisnis untuk kepentingan umat jadi nanti hasil dari wakaf tersebut bisa lebih berkembang dan bisa lebih bermanfaat.

  1. Membeli Kebun Buah dengan Hasilnya untuk Umat

wakaf kebun

Bisa juga tanah wakaf dimanfaatkan untuk membangun kebun buah atau jenis tanaman lainnya. Nanti hasil dari kebun tersebut bisa dijual atau dibagikan kepada orang yang membutuhkan. Dengan begitu manfaatnya akan terus mengalir dan umat bisa lebih merasakan manfaat yang besar dari tanah wakaf tersebut.

Kemudahan Berwakaf di Era Digital

WAKAF DI ERA DIGITAL

Berinfaq memang banyak sekali manfaat dan keutamaan bagi yang mewakafkan tanahnya. Semakin berkembangnya teknologi cara wakaf pun sekarang semakin dipermudah. Dengan mudahnya berwakaf akan semua orang jadi bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah dan mencegah dari adanya penimbunan harta yang kurang bermanfaat.

Banyak alasan kenapa orang kaya yang bergelimang harta sulit berwakaf. Diantaranya pertama, kesibukan waktu sehingga tidak bisa meluangkan waktu untuk mewakafkan harta padahal sudah memiliki niat. Kedua, karena kurang paham tentang wakaf itu apa dan bagaimana cara melakukannya. Ketiga, karena mereka kurang percaya dengan badan penyalur wakaf.

Untungnya di era digital menjawab kesulitan yang selama ini dihadapi dalam berwakaf. Semakin berkembangnya teknologi Maka Wakaf anda bisa dilakukan secara online. Jadi anda bisa tetap berwakaf tanpa terikat waktu lagi. Semua wakaf dikelola oleh Badan Wakaf Indonesia jadi tentu terpercaya dan pastinya amanah Sebagaimana Beberapa Lembaga Pemerintahan Yang Perlu Kita Tau Ada bimasislam.kemenag.go.id dan literasizakatwakaf.com.

Dengan adanya nazhir yang profesional mampu mengembangkan dan mengelola tanah wakaf untuk mendatangkan manfaat yang lebih besar. Selain itu adanya saling mengawasi dan melindungi bahwa wakaf sudah digunakan dengan semestinya. Jika ada yang berbuat curang maka ada tindakan tegas dari Badan Wakaf Indonesia.

Dengan wakaf yang semakin mudah, ditangani oleh badan yang terpercaya dan bisa belajar lebih jauh tentang wakaf secara online, apa masih ada alasan lain untuk tidak berwakaf? Tentunya dengan keutamaan yang akan didapatkan oleh orang yang mewakafkan hartanya dijalan Allah semakin menggiatkan dan menggerakkan hati kita untuk berwakaf. Jadi yuk mulai berwakaf untuk membantu mensejahterakan umat.

You might like