Mengenal Apa itu Bisnis Online dan Cara Memulainya 5/5 (3)

57 Likes Comment
bisnis online

jagoanbranding.com – Di zaman modern seperti pada saat sekarang ini kita dikelilingi oleh berbagai produk teknologi, baik produk fisik maupun produk digital. Anda pasti sering mendengar istilah bisnis online namun tahukah Anda apakah pengertian dari bisnis online itu yang sebenarnya ?

bisnis online

Pengertian Bisnis Online

Bisnis Online berasal dari gabungan dua kata, yaitu kata ‘bisnis’ dan ‘online’. Bisnis adalah suatu usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau sebuah organisasi kepada masyarakat sebagai calon konsumen dengan tujuan utama untuk memperoleh keuntungan atau laba (profit).

Online sendiri adalah kondisi dimana kita sedang terkoneksi kedalam jaringan dengan memanfaatkan akses internet. Anda pasti sudah sering melihat kata yang satu ini pada status di media sosial atau aplikasi chatting.

Bisnis Online adalah suatu usaha yang dilakukan untuk menawarkan barang atau jasa, baik berbentuk fisik atau digital kepada warganet sebagai calon konsumen dengan memanfaatkan koneksi internet guna menjangkau area dan target yang lebih luas dengan tujuan akhir untuk mendapatkan keuntungan atau laba secara maksimal.

Jenis-jenis Bisnis Online

apa itu bisnis online

Hampir sama dengan kegiatan bisnis pada umumnya, bisnis online juga memiliki beberapa jenis yang membedakannya satu sama lain, jenis-jenis yang umum dari bisnis online adalah:

– Toko Online atau Marketplace

– Media Sosial

– Website

– Blog

– Aplikasi Chat

sosial media marketing

Setiap jenis dari bisnis online memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, salah satu kendala yang dialami oleh seseorang atau sekelompok orang yang memutuskan akan memulai bisnis online adalah budget.

Untuk memulai sebuah bisnis online, terutama yang memiliki bentuk fisik, Anda tidak hanya harus memikirkan modal awal untuk memproduksi sebuah produk namun juga modal untuk menyiapkan tempat anda akan memasarkan produk yang sudah anda miliki.

Toko Online, Website dan Blog membutuhkan modal awal berupa paket hosting, dan bahkan jika anda memutuskan untuk memulainya dengan blog gratis, Anda juga direkomendasikan untuk membeli sebuah domain TLD agar bisnis Anda terlihat lebih meyakinkan.

Anda juga harus mempersiapkan sebuah tema, meski diluar sana banyak yang membagikan tema toko online secara gratis, namun tema atau template premium masih sangat direkomendasikan, tujaunnya tentu saja agar toko Anda terlihat lebih profesional.

Sementara itu untuk mulai menawarkan atau memasarkan produk Anda melalui media sosial dan aplikasi chat anda tidak harus menyiapkan modal untuk semua hal yang sudah kita bahas diatas, namun sedikit kekurangannya Anda tidak akan memiliki toko yang tampak profesional.

Meski demikian Anda masih tetap bisa menjalankan bisnis online melalui media sosial dengan baik, pada saat ini toko online berbasis aplikasi seperti Instagram masih banyak peminatnya, jika Anda tidak atau belum bisa desain, Anda bisa membeli desain katalog atau menyewa desainer untuk membuatkan feed yang menarik untuk produk Anda.

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Ada banyak cara dan langkah yang sebenarnya bisa Anda lakukan untuk memulai sebuah bisnis online di Internet, namun jika Anda benar-benar seorang pemula, Anda bisa memulainya dengan mengikuti 5 cara atau langkah memulai bisnis online dibawah ini:

1. Kuatkan tekad Anda

Jika Anda benar-benar ingin serius terjun kedalam dunia bisnis online maka Anda harus menguatkan tekad Anda pada saat ini juga, bisnis online itu tidak akan jauh berbeda dengan bisnis pada umumnya, Anda akan dihadapkan dengan halangan dan rintangan yang bersiap untuk membuat Anda menyerah.

 

Ketika Anda memutuskan untuk memulai sebuah bisnis online diharapkan Anda juga sudah siap menerima dan menghadapi segala resiko dan tantangan yang muncul kedepannya, jalan Anda tidak akan mudah kecuali Anda adalah orang yang sangar beruntung.

 

2. Tentukan produk Anda

Setelah Anda memiliki tekad yang kuat dan keinginan yang besar untuk menjadi seorang pebisnis online yang sukses, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan Produk apa yang akan Anda jual atau Anda tawarkan.

 

Seperti yang sudah kami sampaikan diawal, Pada dasarnya bisnis online itu adalah kegiatan jual beli, jadi sebelum anda terjun kedalamnya, Anda harus menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan Anda jual.

 

3. Siapkan toko Anda

Setelah Anda menguatkan tekad dan memiliki produk yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah membuat toko tempat Anda akan menjual produk yang anda miliki, baik produk fisik maupun produk digital, Anda tetap membutuhkan sebuah toko.

 

Akan bagus, namun Anda tidak harus memulai bisnis online dengan memiliki sebuah aplikasi toko atau membangun sebuah website atau blog, Anda bisa mulai membuka Toko di media sosial secara gratis dan menyediakan layanan order via aplikasi chatting seperti WhatsApp.

 

4. Promosi adalah kunci

Dalam menjual produk dan jasa secara online, promosi adalah kunci dari bisnis online, percuma Anda memiliki tekad yang kuat, prduk yang berkualitas, toko yang menarik, namun tidak dibarengi dengan promosi yang baik.

 

Promosi yang baik bukanlah promosi yang dilakukan besar-besaran tanpa target yang jelas, promosi yang baik adalah promosi yang dilakukan dengan perhitungan yang matang dan penentuan target yang sesuai dengan produk atau jasa yang akan anda tawarkan.

 

5. Cari Mentor dan bangun relasi

Jika Anda benar-benar seorang calon pebisnis online yang tidak tau apa-apa atau Anda ingin segera cepat untuk berkembang, temukanlah setidaknya seorang mentor yang akan mendukung dan mengajari Anda, mentor yang baik adalah mereka yang tidak menanyakan berapa biayanya, tapi menanyakan seberapa besar niat Anda untuk belajar.

 

Setelah menemukan montor dan Anda mulai menjalankan sebuah bisnis online, Anda jangan sampai lupa untuk melakukan komunikasi yang baik dengan calon pelanggan Anda. Bangun juga relasi yang positif dengan sesama pebisnis online disekitar Anda.

 

Demikianlah pengertian dari bisnis online dan bagaimana cara memulainya, kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda, kami akan senang membaca cerita perjalanan bisnis online Anda, atau jika Anda memiliki pertanyaan jangan sungkan untuk menuliskannya dikolom komentar dibawah. Salam Sukses!

You might like