Cara Membuat Karya Ilmiyah Di Era Milenial 4/5 (4)

71 Likes Comment
Karya Ilmiyah

Karya Ilmiyah Atau Bisa Di sebut juga dengan hasil dari studi kasus yang telah di jalankan atau di proyeksikan di waktu tertentu dan Menghabiskan Waktu yang cukup lama saat menyelesaikanya Sehingga Mampu Menyelesaikan Banyak Masalah Baru Yang Timbul Di Kemudian Hari.

Maka Dari Itu Admin jagoanbranding.com Akan Membahasnya Di Artikel Kali Ini Step By Stepnya Mulai Dari Maksud karya Ilmiyah Di Buat Dan Bagaimana Step Yang Harus Di Lalui Sehingga Karya Ilmiyah tersebut Baik Di Mata Banyak Orang Hingga Contoh Lengkap Karya Ilmiyah Para Pendahulu Kita Di Era Ke emasan Islam Semisal Karya Ilmiyah Ibnu Khaldun, Karya Ilmiyah Ibnu Sina Dan Para Salaf Terdahulu Menganalisa Dan Menyimpulkan Sesuatu hingga Terciptanya Sebuah Karya Ilmiyah Yang Mendunia Sampai Sekarang

Karya Ilmiyah

Maksud Dari Karya Ilmiyah Di Buat

Tentu Saja Karya Ilmiyah Di Buat Adalah Salah Satu Ke Maha Besaran ALLAH Untuk Makhluknya Yang Bertafakkur Tentang Semua Yang Tercipta Di Bumi Ini Dan Di Buatnya Lebih Dahulu Menganalisa Tentang Ilmu Alam Yang Terjadi Perantara Manusia Manusia Pilihan Yang Mampu Mengaplikasikan Dalam Kehidupan Atau Praktek Nyata Bersosial .

Sehingga Maksud Dari Karya Ilmiyah Di Buat Adalah Supaya Memberi Kesan Kepada Manusia Selanjutnya Dan Menginspirasi Banyak Orang Supaya Mengetahui Ilmu Ilmu Baru Yang Bisa Mereka Nantinya Kembangkan.

Sebagaimana Yang terjadi Di era Ke emasan Islam Penemu Penemu Terbaik Di Dunia Ini Yang Sesuangguhnya Adalah Orang islam Yang Mana Di Kembangkan Lagi Namun Oleh Ilmuwan Ilmuwan Barat, Sebagaimana Di Kutip Dari Wikipedia

Ibnu Sina dikenal juga sebagai “Avicenna” di dunia Barat adalah seorang filsuf, ilmuwan, dan dokter kelahiran Persia ( Iran). Ia juga Yang Menghasilkan Karya Karya Besar karya Ilmiyah nya adalah tentang filosofi dan kedokteran. Bagi banyak orang, dia adalah “Bapak Kedokteran Modern”. Karyanya yang sangat terkenal adalah al-Qānūn fī aṭ-Ṭibb yang merupakan Referensi di bidang kedokteran selama berabad-abad.

Begitu Juga Dengan Ibnu Khaldun Yang Melahirkan Banyak Karya Ilmiyah Yang Luar Biasa Di Zamanya

Sebagai orang yang suka berpetualang, menjadiakan Ibnu Khaldun tumbuh menjadi pribadi yang penuh inspirasi. Inspirasi tersebut akhirnya ditaungkan ke dalam sebuah karya tulis ilmiah. Karya ilmiyah tersebut di kemudian hari menjadi rujukan dan perhatian para intelektual. Karya-karya Ibnu Khaldun di kemudian hari memberikan sumbangsih bagi perkembangan pengetahuan di dunia Islam. Di antara karya-karya Ibnu Khaldun adalah:

  1. Al-Ibar

Al-Ibar adalah karya Ibnu Khaldun yang utama karya ini terdiri dari tiga karya, yaitu karya itu sendiri, kemudian Muqaddimahnya yang terkenal dengan al-Muqaddimah dan akhirnya berdiri sendiri dari karya aslinya, kemudian yang ketiga atau yang terakhir adalah al-ta’rif bi Ibn Khaldun yang pada mulanya Ibnu Khaldun menjadikannya sebagai lampiran dari karya sejarahnya dan kemudian berdiri sendiri.

  1. Muqaddimah

Kitab ini merupakan pendahuluan dari kitab al’Ibar yang akhirnya bwerdirisendiri. Pada kitab ini berisi keutamaan ilmusejarah, aliran-alirannya, serta mengidentifikasi kesalahan-kesalahan para penulissejarah, membahas tentang keadaan masyarakat, sifat-sifat parapenguasa, sultan, mata pencaharian, ilmu pengetahuan, pabrik dan hukum kausalitas.

  1. Al-Ta’rif

Awalnya kitab ini adalah lampiran dari al-I’bar dan kemudian berdiri sendiri pula. Kitab ini berisi sejarah kehidupannya, riwayat-hidup beberapa orang penting lainnya yang berhubungan dengan Ibnu Khaldun., peristiwa-peristiwa tertentu, dokumen-dokumen, khutbah-khutbah, surat-surat dan kasidahyang dirangkai. Di dalamnya juga dibahas tentang situasi sosial serta aturan-aturannya.

  1. Syifa’al-sail li Tahdhib al-Masa’il

Karya ini membahas tentang pemisahan antara jalan tasauf dan jalan syariah serta menguraikan tentang jalan tasauf dan ilmu jiwa.

Dari Banyaknya Pembahasan Dan Karya Karya Ilmiyah Yang Sangat dalam Itulah Banyak Dari Kita Saat Inipun Membuat Karya Ilmiyah Yang Merujuk Pada Kitab Kitab Mereka Dan Karya Tulis Mereka Untuk Kita Jadikan Salah Satu Pedoman Dalam Membuat Karya Ilmiyah Versi Kita Yang Telah Di Tambah Atau Di Modifikasi Sejalan Dengan Hasil riset Kita Sendiri Yang Ada Di Era Saat Ini.

step by Step Membuat Karya Ilmiyah

Ada beberapa hal mengenai Step By Step karya ilmiah itu sendiri Di Buat. Diantaranya sebagai berikut :

1. Sajian Diawal

Untuk struktur karya ilmiah sendiri cukup ketat, dan biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (Pembahasan), dan Penutup.

Pada bagian pembuka, harus terdiri dari: sampul, halaman judul, dan juga halaman pengesahan. Selain ketiga itu, kamu juga harus menambahkan abstraksi, kata pengantar serta daftar isi.

2. Menentukan judul

Langkah pertama untuk cara membuat karya tulis ilmiah ialah menentukan judul. Disini judul yang kamu ambil harus konkrit, tidak meluas serta menggambarkan ide dari hasil karya tulis ilmiah yang kamu buat. Untuk itu, tentukan tema dahulu sebelum kamu menentukan judul pada karya tulis ilmiah tersebut.

3. Memberikan latar belakang

Selanjutnya ialah dengan mencantumkan latar belakang. Tujuannya ialah supaya pembaca mempunyai pemahaman awal pada karya tulis ilmiah buatan kamu. jadi, tulislah latar belakang kenapa kamu mengambil judul tersebut.

Latar belakang masalah berisi tentang kenapa kamu mengambil judul tersebut pada karya tulis ilmiah yang kamu buat. Jadi, berikan gambaran secara garis besar alasan kamu ambil judul tersebut.

4. Membuat rumusan masalah

Tahap selanjutnya yang harus dicantumkan ialah rumusan masalah. Dengan pembuatan rumusan masalah, tentu akan membatasi ruang lingkup pembahasan dalam karya tulis ilmiah buatan kamu. cara menemukan rumusan malasah ialah dengan menghadapkan sebuah hal yang ideal terhadap realitas yang terjadi.

Untuk sistematika pembuatan karya tulis ilmiah selanjutnya ialah bagian isi. Pada bagian ini harus terdiri dari pendahuluan, adanya Latar belakang masalah, Rumusan masalah, pembatasan masalah atau pembahasan, apa saja tujuan penelitiannya, serta Metode penelitian.

5. Membuat pembahasan yang sederhana

Cara membuat karya tulis ilmiah selanjutnya ialah dengan melakukan analisis dari pembahasan yang kamu buat. Caranya dengan menerapkan beberapa hal yang ideal dengan fakta yang ada. Pastinya ada beberapa factor yang akan menghalangi penerapan tersebut.

Dalam tahap pembahasan karya tulis ilmiah, kamu harus mencantumkan pembahasan teori, argumentasi keilmuan dan kerangka pemikiran, serta pengajuan hipotesis masalah.

Sehingga kamu harus memberikan gagasan untuk menghilangkan penghalang tersebut. Selain itu, analisis yang kamu lakukan juga harus bersifat mudah dipahami dan sederhana.

6. Daftar Pustaka Untuk Karya Ilmiah

Tentu Saja Dalam Sebuah Karya Ilmiyah Kita Harus Membuat Daftar Pustaka Karya Ilmiyah Sehingga Lebih Detail Orang Bisa Mengetahui Sumber dan Berlanjut Kepada Kepercayaan Pembaca Karya Tersebut

HASIL PENELITIAN

Langkah yang selanjutnya ialah hasil penelitian. Pada tahap ini kamu harus menyertakan tentang jabaran varibel penelitian, bagaimana hasil penelitiannya, pengajuan hipotesis, tentang diskusi penelitian, memberikan pandangan teoritis terkait hasil yang sudah kamu dapatkan.

BAGIAN PENUTUP

Pada bagian ini kamu harus memberikan ulasan tentang Penutup, Kesimpulan dan juga Saran.

Di era Yang Serba Digital Saat Ini Untuk Membuat Karya Ilmiyah Sangatlah Penting Bisa di Akses Secara Online Maka Sebaiknya Sara Dari Admin Adalah Jika Sahabat Ingin Membuat Karya Ilmiyah Secara Ilmiyah Bisa Membeli domain Nya Di www.domainesia.com/domain salah satu penyedia nama domain untuk website dengan harga terjangkau