Keutamaan Puasa Sunnah Hari Arafah Dan Bulan Dzulhijjah 5/5 (4)

29 Likes Comment
niat puasa Bulan Dzulhijjah

jagoanbranding.com – Assalamualaykum Bagi Sahabat Sekalian Yang Semoga Slalu dalam lindungan dan rahmat ALLAH , Tentu saja kita sebagai ummat islam perlu mengetahui tentang sunnah sunnah di setiap Bulan Yang Juga Pernah di anjurkan dan juga yang di lakukan oleh RasuluLLAH maka dari itu saat ini memasuki bulan Dzulhijjah Ada Beberapa Sunnah Yaitu Salah Satunya :

Melakukan Puasa Bulan Dzulhijjah

Di Bulan Yang Juga Di sebut bulan Utama Salah satunya adalah di bulan dzulhijjah dimana Juga Terdapat Hari Raya Ummat Islam Yaitu Idul adha Yang Juga Di sebut sebagai Hari Raya Besar di mana Ummat Islam Melakukan Hal Hal Yang di sunnahkan dan juga yang di fardhukan.

di bulan Dzulhijjah Ini Kita Sangat Di anjurkan Berpuasa Pada 10 hari pertama, karena banyak dari Hadits Hadits Rasulullah Yang Menerangkan Keutamaan Di dalamnya Terutama Pada 9 Dzulhijjah Atau Biasa Disebut sebagai Puasa Hari Arafah

yang dimana orang orang yang melakukan Haji Pada Hari Itu sedang Melaksanakan Wukuf di Arafah maka kita sebagai ummat islam yang jauh dari Arafah Di anjurkan berpuasa pada hari tersebut.

sebagaimana di kutip dari republika.co.id

Dalam hadist riwayat Muslim no 1.162 disebutkan Rasulullah SAW bersabda: “Bahwa puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang.” Puasa Arafah juga disunahkan bagi umat Rasulullah yang tidak berwukuf.

Berikut ini dalil keutamaannya dan dapat menjadi salah satu upaya kita untuk meraih syafaat Rasulullah karena Puasa Arafah adalah puasa kesukaan Rasulullah.

“Tiada dari hari dalam setahun aku berpuasa lebih aku sukai daripada hari Arafah” (HR Baihaqi).

“Saya berharap kepada Allah agar dihapuskan (dosa) setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya.” (HR Muslim).

“Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah” (HR At Tirmidzi).

Insya Allah dengan taubat sungguh-sungguh dan Puasa Arafah, Allah bebaskan dari api neraka. “Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah” (HR Muslim).

“Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama 70 tahun” (HR Bukhari Muslim).

Keutamaan ini semoga menjadi pengingat menuju ketakwaan agar melaksanakan puasa Arafah. Namun bagaimana jika ada perbedaan waktu antara 9 Dzhulhijah di Tanah Air dengan waktu wukuf di Arafah?

Baca Juga >>  Cara Bersedekah Listrik Secara Online Ke Masjid - Masjid

Menurut Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama sekaligus Ketua Tim Falakiyah, Juraidi, puasa sunah Arafah bukan puasa wukuf. Umat Islam sebaiknya fokus saja pada waktu 9 Dzulhijjah seperti yang dituliskan dalam hadist.

“Sebelum ada wukuf, sudah ada puasa sunah Arafah. Andai wukuf tidak bisa dilaksanakan oleh jamaah haji karena keadaan tertentu, maka puasa sunah Arafah tetap berlaku,” kata dia dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (14/8).

Juraidi mengatakan betapa hebat dan universalnya hadits Rasul yang menyebutkan shaum yaum ‘arafah bukan yaumu wukuf. Karena puasa hari wukuf hanya bagi mereka yang satu waktu mathla’ (tempat terbit) dengan Makkah, Arab Saudi saja yang bisa melaksanakannya.

“Tapi karena haditsnya Yaumu Arafah, yaitu 9 Dzulhijjah, maka di belahan dunia mana pun umat Islam berada bisa melakukannya sesuai yang ditetapkan oleh pemerintah negaranya (wilayatul-hukmi) sesuai mathla’-nya,” katanya.

Niat Puasa Sunah Bulan Arafah

dan yang menjadi ketentuan dalam puasa Sunnah Bulan Arafah Kita Tentu saja Harus Berniat Sebagaimana Lafal Arabnya dan latinya bisa di hafalkan berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى
Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ.
Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”
Orang yang ingin berpuasa sunnah Arafah di siang hari tetapi tidak sempat melafalkan niat dan berniat puasa di malam harinya boleh menyusul pelafalan niat dan memasang niat sunnah puasa Arafah seketika itu juga.
dan semoga Kita Semua di mudahkan dalam mengamalkan salah satu sunnah Nabi Yaitu Puasa Arafah di Bulan dzulhijjah Ini .

Referensi :

https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/08/14/pdffwh366-puasa-sunah-arafah-bukan-puasa-wukuf

https://islam.nu.or.id/post/read/94681/ini-lafal-niat-dan-keutamaan-puasa-arafah

 

You might like