Metode Hafalan Al Quran Sistematis Dalam Menguatkan Hafalan (Muroja’ah)

Menghafal Dan Muroja'ah 30 juz

Apakah Sahabat JB Sudah Menghafal AL Qur’an Ataupun Pernah Setoran Hafalan Namun Saat Pulang Kampung Dan Selesai Dari Wisuda Pondok tapi males buat memperkuat hafalan Lagi ? Karena Timbulnya Banyak faktor Yang Tidak Kita Duga Sebelumnya Entah Karena Keluarga, Ekonomi, Pendidikan Formal Tingkat Lanjut Ataupun Yang Lain Jangan kuatir Teman-teman, Kalian Tidak Sedang sendiri mengalami Hal Semacam ini, Jangan Putus Asa Dan Tetap Positif Thinking Khusnudzon Kepada Ketentuan ALLAh Subhanahu Wata’ala.

Sebagai Manusia Kita Memang Di Uji Di Dunia Untuk hal Semacam Ini Supaya Kita Lebih Baik Lagi Dalam Menjalani Lika Liku Hidup. Saya juga sedang mengalaminya (*malu*) Pasti.

Memang setan sangat pintar buat membuat down para pembawa Al Qur’an, Eh Lagi Lagi Syetan Yang Di salahin hehe. Tapi Apa Boleh Buat Memang Syetan di ciptakan Untuk Mengajak Manusia Kepada Keingkaran Dan Kelalaian Dari Mengingat ALLAH ada aja lontaran bisikan supaya menunda proses Keta’atan Dan Yang penting Bagi Penghafal Quran yang disebut MUROJA’AH .

Pasti Banyak Sekali Alasan Supaya Kita Meninggalkan Al-Qur’an Yang Sejatinya Pernah Kita Setorkan Ke Para Guru Kita Sebelumnya Untuk Kita Hafal.

Pada Metode Hafalan Saya Sebelumnya Atau Mungkin Juga Bukan Hanya Saya sudah lumrah dengan pembagian Al Qur’an menjadi 30 juz, hingga akhirnya tatkala muroja’ah pun kita terbiasa dengan pembagian tsb. Sehari bisa 1 juz, 2 juz atau malah 3 juz.

Namun jika kita meneliti Lebih Lanjut Tentang kebiasaan orang sholeh terdahulu Tentang Menghafal Al-Qur’an, kita dapati bahwa mereka membagi Al Qur’an berdasarkan ‘Surat’, bukannya ‘Juz’. Tentunya hal itu supaya makna ayat-ayat tak terpotong-potong dan tetep nyambung Dan Dalam Satu Cakupan Surat.

Baca Juga >>  Metode Menghafal Quran 30 Juz Selama 604 Hari | Ustadz. Adi Hidayat Lc, Ma.

Bagi Sahabat Yang Ingin Mengetahui Yang paling Terkenal adalah membagi Al Qur’an menjadi 7 bagian. Hingga nantinya setiap pekan kita dapat mengkhatamkan hafalan Al Qur’an kita. Bagaimana rinciannya? Gampang saja, hafalkan kata berikut:

فَمِـيْ بِشَـوْقٍ (Famy Bi Ssauwq)

Yang Mana Setiap Symbol Hija’iyah Ini Memiliki Makna Dan Selain Itu Dengan Cara Yang Mudah Di Ucapkan Serta Di Ingat Untuk Kita Jadikan Pegangan

No Simbol Makna
1 ف = الفاتحة Al Fatihah – An Nisa
2 م = المائدة Al Ma idah – At Taubah
3 ي = يونس Yunus – An Nahl
4 ب = بني إسرائيل Al Isra’- Al Furqan
5 ش = الشعراء Asy Syu’araa’-Yasin
6 و = و الصافات Ash Shaffaat – Al Hujurat
7 ق = ق Qaaf – An Naas

Sahabat JB Yang Di Muliakan ALLAH, kalo seandainya saja Kita bercita-cita menjadi Ahli Dalam Pendakian Gunung pun…akankah Kita langsung mendaki Gunung Semeru ? Tentu saja Tidak Kan ! Karena Memang Tidak memungkinkan Jika Tanpa Persiapan yang Matang Dan Tentunya Bertahap Dan Butuh Jangka .Janganlah Teman-Teman Memaksakan Yang Hasilnya Akan Sangat Membahayakan, perlu latihan Mulai Dari yang sedang Dulu…Bisa Jadi Pertama bukit dulu, Lalu Gunung Merbabu, kemudian Welirang, Gunung Arjuno Setelah Itu Baru Target Utama Kita.hehe

Menghafal Dan Muroja'ah 30 juz

Begitu juga Dengan Hafalan Qur’an Dan Muroja’ah Al-quran Tidak bisa Kita instan, Kecuali Kecerdasan Kita Seperti Ulama’ Terdahulu Yang Tidak Terkontaminasi Fitnah Dunia Seperti Saat Ini Mulailah Kita Menghafal Dan Mengulanginya Terus Menerus dari level terendah dulu, kuatkan hingga akhirnya mencapai level khatam selama sepekan. Yang merupakan Level paling optimal buat muroja’ah (sekaligus tadabbur). Lihat skema berikut:

Level 1 2 3 4 5
Kualitas Hafalan Lemah 50% 60% 80% Kuat
Jangka WaktuMengkhatamkanAl Qur’an 3 bulan(90 hari) 1,5 bulan(45 hari) 1 bulan(30 hari) 1/2 bulan(15 hari) 1 minggu(7 hari)

Baca Juga >>  Aplikasi AlQuran Digital PC Offline Gratis Lengkap Dari Universitas King Saud

Silahkan Unduh Gratis Tabel Hafalan Versi Excel Lengkap Di Bawah :

Kelanjutan artikel ini hanya bisa dibaca oleh Member, silahkan login disini dulu atau Registrasi di sini

You might like