Mushaf Al Quran Online 30 Juz Indonesia Menghafal 5/5 (23)

Al Quran 30 juz

Kota Tlemcen di Aljazair terkenal sebagai pencetak hafiz, di kota tersebut terdapat Masjid Sheikh Sanusi yang memiliki jadwal rutin melatih hafiz Al Quran dari golongan kanak-kanak. Belasan anak sengaja hadir mengisi waktu senggang untuk membaca serta menghafalkan ayat Al Quran 30 juz.

Ada beberapa metode yang biasa digunakan untuk membantu proses penghalafan Al Quran.

  1. Menghafal Al Quran dilakukan secara bersama-sama
  2. Menghafalkan Al Quran dilakukan sendirian sambil terus dikoreksi bila ada bacaan yang salah
  3. Memakai metode penghafalan khas dari negeri Magribi. Metode ini tidak hanya digunakan oleh Aljazair, namun juga dipakai negara Tunisia dan Maroko.

Caranya sangat mudah, para santri dan santriwati tiap harinya diwajibkan untuk menulis seluruh ayat Al Quran yang ingin dihafal di papan. Minimal 5 ayat Al Quran, maksimal 50 ayat. Selesai menulis, santri dan santriwati membacanya terus menerus hingga menghafal.

Metode ketiga dianggap paling efektif, karena sebelum menghafal, para santri dan santriwati sudah terlebih dahulu membaca dan menuliskan ayat Al Quran dengan teliti di papan tulis. Jika tekun, santri dan santriwati bisa menghafal Al Quran 30 juz dalam waktu 3 tahun.

 

Mengenal Aplikasi Al Quran Digital King Saud Untuk Menghafal Al Quran

Kreativitas bukan hanya berkembang untuk hiburan semata, kini kreativitas teknologi juga dikembangkan untuk kepentingan pembelajaran. Mulai dari pembelajaran formal, non formal hingga pembelajaran yang sifatnya religious.

Jika dulu, banyak orang yang belajar menghafal Al Quran 30 juz langsung dari mushaf Al Quran, maka kini beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan software.

Baca Juga >>  Metode Menghafal Quran 30 Juz Selama 604 Hari | Ustadz. Adi Hidayat Lc, Ma.

Dari sekian banyak aplikasi, ada satu aplikasi tersohor yang dikembangkan dan didanai penuh oleh King Saud University (Universitas di Saudi Arabia) dengan menggunakan teknologi mutakhir dan tenaga ahli sehingga menghasilkan software yang menarik dan berkualitas.

Aplikasi garapan King Saud University menargetkan semua golongan, dari usia kanak-kanak hingga orang dewasa, pengguna hanya perlu mengunduh secara online langsung di situs resminya.

 

5 Fitur Terbaik Al Quran Digital King Saud

Setelah mengenal dan memahami apa itu software aplikasi menghafal Al Quran 30 juz besutan dari King Saud University, pengguna yang tertarik untuk mengunduh aplikasi, hendaknya mengetahui sejumlah fitur yang dimilikinya sebagai berikut ini:

Dilengkapi Fitur Terjemahan Berbagai Bahasa

terjemahan quran digital

Karena kita tinggal di Indonesia, mushaf Al Quran 30 juz biasa umumnya menggunakan terjemahan bahasa Indonesia, namun untuk mushaf Al Quran digital King Saud, fitur terjemahan jauh lebih lengkap, tidak hanya menampilkan bahasa Indonesia, namun turut menyediakan 20 bahasa dunia.

Dengan fitur ini, diharapkan pengguna aplikasi dari seluruh dunia akan mampu memahami apa isi materi yang coba disampaikan oleh Al Quran lantas mengamalkannya dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Murottal Al Quran 30 Juz Dari Qori Atau Imam Besar

qori' quran digital

Untuk meningkatkan kesadaran mendengarkan lantunan ayat Al Quran, umumnya aplikasi Al Quran menanamkan beberapa fitur audio yang memberikan pilihan pada para pengguna untuk memilih Qori yang difavoritkan.

Alunan suara nan merdu yang berasal dari 20 Qori atau imam besar Masjidil Haram disaat membaca ayat Al Quran bisa diperdengarkan setiap hari melalui Al Quran Digital King Saud, jadi meskipun belum memiliki kesempatan untuk mendengarkan lantunan suara merdu Imam besar Masjidil Haram secara langsung di Mekkah, setidaknya ada aplikasi Al Quran 30 juz ini yang bisa mewakili.

Baca Juga >>  Aplikasi AlQuran Digital PC Offline Gratis Lengkap Dari Universitas King Saud

Fitur Highlight dan Mode Tilawah

flash light bacaan quran

Al Quran Digital King Saud mampu menampilkan mode latihan hafalan yang sangat canggih, di mana ayat yang ingin dihafalkan akan di highlight sehingga terlihat lebih menonjol dari ayat di sekitarnya.

Selain itu, ada juga mode tilawah yang tampilannya dikhususkan untuk membaca ayat suci Al Quran.

Fitur Searching

quran digital 30 juz

Untuk memudahkan proses pencarian ayat atau terjemahan Al Quran, pengguna Al Quran Digital King Saud hanya perlu memanfaatkan fitur pencarian ayat atau terjemahan yang tersedia. Fitur ini sangat bermanfaat terutama ketika pengguna ingin mencari ayat tertentu untuk dibaca dan dihafalkan dengan segera.

Fitur Repeat Per Ayat Atau Halaman

al quran 30 juz

Pengguna Al Quran Digital King Saud yang sengaja mengunduh aplikasi guna membantu memperlancar menghafal Al Quran bisa memanfaatkan fitur pengulangan per ayat maupun per halaman ini. Cukup pilih ayat yang ingin dihafalkan lalu gunakan fitur repeat sebagaimana mestinya.

 

Kelebihan Membaca Al Quran 30 Juz Melalui Al Quran Digital King Saud

Al Quran 30 juzApa bedanya software ini dengan lainnya? Untuk mengetahui hal tersebut silahkan simak dibawah ini :

  • Dengan adanya aplikasi membaca dan menghafalkan Al Quran di smartphone masing-masing, para hafiz maupun calon hafiz merasa dimudahkan karena tidak perlu lagi membawa mushaf kemana-mana.

Alasan lupa tidak lagi dibenarkan, karena kebutuhan akan gadget entah itu smartphone maupun laptop sama besarnya dengan kebutuhan pokok.

  • Keuntungan lain membaca dan menghafalkan Al Quran 30 juz dari aplikasi Al Quran Digital King Saud yakni pembaca bisa memilih dengan sangat mudah ayat yang ingin dibaca, tanpa perlu membulak balikan kertas.

Tersedia fitur yang bisa memunculkan sekaligus menyembunyikan ayat satu demi satu. Bahkan, fitur ini memungkinkan orang tua untuk dapat mengajarkan bacaan ayat Al Quran satu per satu pada anak-anaknya.

quran digital saudi
Aplikasi Ayat Quran
  • Al Quran Digital King Saud compatible dengan sejumlah software bawaan gadget, mau menggunakan komputer dengan software Windows, Linux, Mac atau memakai ponsel dengan software iOs dan Android, semua orang bisa mengunduh dan menjalankan aplikasinya dengan mudah dan cepat.
  • Mushaf Al Quran Digital King Saud memiliki fitur terlengkap, pengguna tidak hanya dituntun untuk menghafalkan Al Quran, namun juga didorong untuk memahami kandungan dari Al Quran dan mendengarkan audio Murottal per ayat dari 20 Qori maupun imam besar.

Cukup pilih Qori atau imam besar favorit maka pengguna sudah bisa mendengarkan lantunan ayat suci yang dibacakan dengan merdu dan penuh penghayatan.

Besarnya peranan teknologi informasi dunia, ternyata tidak selalu berhubungan dengan duniawi yang sifatnya menghibur. Buktinya ada King Saud University yang dengan kesadaran penuh mau membuat aplikasi Al Quran 30 juz yakni Al Quran Digital King Saud guna membuka mata muslim dan muslimah dunia agar mau membaca bahkan menghafalkan Al Quran setiap hari.

Jika setiap hari kita memiliki kesempatan untuk membaca artikel atau berita di media social, maka sempatkanlah sedikit waktu untuk membaca Al Quran lalu menghafalkannya, jika tidak bisa membawa mashaf Al Quran aslinya, maka gunakan teknologi informasi, yakni aplikasi Al Quran yang isinya sama benar dan sama positifnya dengan mashaf Al Quran asli.

Zaman modern seperti sekarang, kebanyakan orang lupa untuk membaca Al Quran 30 juz padahal ada banyak hal menarik dan positif yang tertulis dalam tiap ayat Al Quran.

Video Panduan Instal Qur’an Digital Bisa Di Lihat Di Bawah :

Jika belum mampu menghafalkan Al Quran seperti para hafiz dan Qari, setidaknya dengan rajin membaca Al Quran melalui Al Quran Digital King Saud, kita sudah berusaha untuk mempelajari dengan harapan menjadi muslim dan muslimah yang baik dan beriman

  • 143
    Shares

You May Also Like

Cart Item Removed. Undo
  • No products in the cart.